Kamis, 26 Februari 2015

thumbnail

7 Manfaat luar biasa dari menulis yang mungkin kamu belum sadari



7 Manfaat luar biasa dari menulis yang mungkin kamu belum sadari
Oleh: I Gede Murta

       Banyak sekali manfaat positif dari menulis. Mulai dari menyehatkan pikiran dengan memperkaya pengetahuan, menyehatkan tubuh dengan mengurangi stress dan kepikunan, menyehatkan dompet, dan lain-lain. Selain manfaat umum yang luar biasa diatas, Naknusablog akan membahas secara khusus  mengenai 7 Manfaat luar biasa dari menulis yang mungkin kamu belum sadari. 
1.     Media tepat untuk mengekpresikan diri

          Mengekpresikan diri sering diidentikkan dengan membebaskan diri. Bebas dari kekangan rasa takut, malu dan tidak percaya diri. Banyak orang tidak dapat mengekspresikan diri karena tidak tahu cara dan media yang tepat. Akhirnya hal itu hanya terselubung dan tersimpan di dalam hati. Memanfaatkan media yang sudah kita pelajari dari sekolah dasar sampai kuliah, yaitu Menulis bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika di telusuri di kamus, kata menulis banyak diartikan sebagai kegiatan membuat tanda berupa huruf atau kata pada kertas ataupun komputer menggunakan pulpen, pensil, atau keyboard untuk merekam pesan dan fakta, menghasilkan tulisan berupa artikel, puisi, cerita dan lain lain. Jadi, intinya menulis adalah sebuah media dan cara untuk mengekspresikan diri dengan merekam dan menghasilkan tulisan mengenai hal-hal yang ada di kehidupan sehari-hari. Nah, mulai sekarang kamu bisa ungkapin apa yang dirasakan lewat tulisan.

2.     Mau tetap dikenang, menulis saja di blog pribadimu

         Selain bermanfaat sebagai media mengekpresikan diri, Menulis juga merupakan salah satu media untuk mencapai kepopuleran. Banyak orang mendapatkan kepopuleran melalui menulis dan dikenang oleh masyarakat luas. Menulis artikel, tulisan kreatif, puisi, cerpen, novel adalah beberapa jenis tulisan yang bisa kamu coba. Buatlah blog sendiri secara gratis yang banyak tersedia di internet. Isilah blog-mu dengan tulisan positif seperti diatas. Jika masih belum terlalu paham tentang bagaimana cara membuat blog sendiri secara gratis, kamu bisa menjelajahi situs youtube atau google untuk mempelajarinya terlebih dahulu.

3.     Tidak mau bekerja lebih dari 9 jam sehari setiap hari di tempat yang sama tetapi mau dapat uang, mulailah memantapkan kemampuan menulismu untuk dijual

          Selesai kuliah, kita biasanya langsung mengambil ancang – ancang untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Bekerja di perusahaan dan bekerja 9 jam setiap hari kerja. Tahukah anda, selain hanya bekerja secara langsung di tempat kerja, cara lain yang dapat dimanfaatkan untuk dapat membuat dompet kita tetap sehat adalah kemampuan menulis dan internet. Mulailah untuk mengasah kemampuan menulis kamu dibidang yang kamu sukai terlebih dahulu. Terbitkan di blog/website-mu sendiri. Buatlah tulisanmu sebagai mesin penghasil uang pribadi dengan mengikuti program artikel berbayar di internet. Jadi, Kalimat “Semakin keras kita bekerja, semakin banyak yang akan kita dapat” mungkin dapat kita ubah sedikit menjadi “semakin cerdas kita bekerja, maka semakin banyak yang akan kita dapat”.

4.     Susah hafal atau mengingat pelajaran di kampus maupun disekolah, tulis saja ulang dengan menggunakan kata-kata sendiri di buku khusus atau jika memiliki blog, tulis di blog

        Salah satu dilemma diantara para pembelajar adalah kesulitan untuk mengingat secara lebih lama pelajaran di sekolah atau mata kuliah di kampus. Nah, menulis dapat juga kamu jadikan teknik untuk mengingat karena menulis akan melatih kemampuanmu baik dalam hal menyusun kata-kata yang pas dan mudah dipahami maupun menemukan referensi, membaca dan menulisnya ulang menggunakan bahasamu sendiri. Jika biasanya ketika disekolah atau dikampus hanya menulis apa yang ditulis oleh guru di papan dan membaca buku bacaan saja, sekarang kamu bisa terpakan teknik ini.
Caranya;
1.   Catat penjelasan guru yang di tulis dipapan atau dikatakan secara langsung di buku catatan
2.   Gunakan teknik meringkas agar semuanya dapat direkam
3.   Tulislah ulang materi yang didapat disekolah dengan menggunakan kata – kata sendiri di buku yang berbeda. Buatlah buku catatan atau blog khusus untuk tulisan ulangmu yang bisa kamu baca lagi setiap waktu.
4.   Kembangkan materi itu dengan mengkombinasikannya dengan bacaan dari sumber buku lain dan internet.
Dengan menerapkan 4 cara diatas, dijamin kamu akan selalu mengingat pelajaran yang kamu dapat dan meroketkan nilaimu kearah 100 atau nilai yang sempurna. Jadi intinya, menulislah dari sekarang dan rasakan manfaat positif yang akan membanggakanmu dan orang lain.

5.     Mengabadikan saat saat penting dan menyenangkan tidak hanya lewat video atau foto saja, tulisan kreatif juga bisa jadi medianya

          Mengabadikan momen dan saat yang berharga dengan menggunakan media foto dan video sudah biasa dilakukan. Jika kamu ingin yang lebih kreatif dan menantang, menambahkan tulisan bersama dengan foto dan video bisa jadi solusinya. Tidak hanya akan menjadi lebih menarik dan indah, momen melihat foto akan menjadi lebih berharga dan bermakna. Jika diibaratakan, foto dan vido adalah gambar hitam putihnya, sedangkan tulisanmu adalah pewarnanya. Jadi, buatlah “life is never flat” dengan menerapkan  photo is never flat again”.

6.      Mau promosi barang jualan, gak perlu berpanas-panasan dijalan dan dipasar, tulis iklannya  dengan cara kreatif.

           Bukan rahasia jika proses jual beli dimana penjual dan pembeli bertatap muka langsung merupakan jual beli yang efektif. alasannya karena selain bisa melihat barang secara langsung, bisa tawar – menawar, akan ada hubungan yang hangat seperti kekeluargaan antara penjual dan pembeli. Namun, cara seperti ini hanya dapat dilakukan di ruang lingkup yang terbatas. Kita sebenarnya bisa memperluas lingkup proses pemasaran dan pembelian dengan menggunakan media internet dan kemampuan menulis kita. Menggambarkan produk dan menghubungi via email akan membutuhkan kemampuan menulis supaya calon pembeli percaya, tertarik dan akhirnya membeli produk kita. Semakin luasnya ruang pemasaran, semakin banyak pembeli yang akan didapat. Banyak pembeli, banyak pemasukan. Tapi disini perlu dijaga sebuah kepercayaan. Karena kepercayaan membutuhkan waktu bertahun tahun untuk dibangun, hanya sesaat untuk dihancurkan, dan butuh waktu selamanya untuk memperbaikinya.

7.     Mau menyatakan cinta, tapi malu ungkapinnya, tulis surat cinta saja.

            Apakah anda masih percaya surat cinta dan masih menerapkannya? Jika iya, anda adalah tipe orang yang tidak hanya romantis, tetapi juga menganggap seseorang itu sangat berharga sehingga harus dikirimi surat. Inilah 6 alasan mengapa surat cinta bisa membuat kita bisa mendapat pacar cantik
1.   Membuat surat cinta itu tidak mudah dan butuh perjuangan
2.   Karena butuh perjuangan surat cinta akan membuat cewek yang kamu kirimi surat cinta akan selalu ingat, merasa dihargai. Jika sudah seperti ini, langkah untuk meraih hatinya akan tinggal sedikit lagi.
3.   Mampu menyampaikan pesan yang tidak mampu disampaikan lewat sms atau langsung
4.   Gaya menulismu dalam surat adalah sesuatu yang dapat dijadikan bahan pertimbangan yang positif oleh cewek yang kamu suka
5.   Inti dari sebuah surat adalah hati yang tulus
6.   Surat cinta yang ditulis tangan diatas kertas itu lebih berharga dan bertahan lama daripada ungkapan suka lewat telpon dan sms yang akan berakhir di trash box.


Referensi:


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments