Kamis, 26 Februari 2015

thumbnail

Ingin menghasilkan tulisan terbaik dan menarik perhatian? 5 langkah menulis berikut ini bisa menjadi referensimu




Tidak bisa dipungkiri bahwa menulis adalah kegiatan dengan sejuta manfaat. Banyak yang mencoba dan tidak sedikit yang telah mulai merasakan manfaat positif dari aktifitas ini. Di artikel sebelumnya, Naknusablog telah membahas mengenai 7 Manfaat luar biasa dari menulis yang mungkin kamu belum sadari. Pada kesempatan ini, akan dibahas mengenai persiapan sebelum melakukan kegiatan Menulis. 5 langkah menulis supaya tulisan menarik dan banyak peminat berikut ini bisa menjadi referensimu.

1.     Ciptakan minatmu untuk menulis dan membaca dengan mulai membaca artikel menarik karena minatmu akan mempengaruhi semangat menulismu



Minat berperan sangat besar dalam langkahmu untuk menulis. Selain berfungsi sebagai penyemangat dan motivator, tetapi juga berfungsi sebagai dasar atau alasan untuk memulai sesuatu, dalam hal ini menulis. Banyak orang merasa sulit atau tidak bisa memulai sesuatu karena minatnya tidak ada disana. Halangan terbesar dalam melakukan sesuatu adalah memulainya. Jadi, jika kamu sudah bisa mengatasi ini, kamu sudah berhasil masuk ke tahap pertama dari menulis. Jaga ketertarikanmu untuk menulis dengan selalu memimikirkan keuntungan dan manfaat menulis yang sudah pernah dibahas di blog ini.

 
2.     Sebagai dasar, pelajari dan pahami teknik menulis yang umum terlebih dahulu


Tahap kedua untuk menciptakan tulisan yang menarik dan terbaik adalah mempelajari dan memahami teknik dasar atau umum dari menulis itu. Ini  penting sebagai acuan umum yang dapat kamu pakai dalam menyusun sebuah tulisan. Tahap-tahap umum dalam menciptakan sebuah tulisan adalah sebagai berikut:
1.      Tahap penentuan topik. Pilihlah topik tulisan yang sesuai denganmu.
2.      Tahap penentuan tujuan. Apa alasan dasarmu dalam menulis.
3.      Tahap penentuan kerangka tulisan atau ide pokok paragraf. Kerangka tulisan sangat penting dalam pengembangan paragraf dalam tulisan yang kamu buat. Ide pokok setiap paragraf bisa berbentuk induktif, deduktif, ataupun campuran.
4.      Tahap pengembangan kerangka tulisan. Setelah menentukan kerangkanya, mulailah memperluas kerangka tersebut dengan menambahkan pembahasan mulai dari lima atau lebih kelimat pendukung. 
5.      Tahap akhir adalah menyimpulkan tulisanmu berupa saran atau kritik

3.     Setelah paham mengenai teknik umumnya, lanjutkan untuk  mencermati teknik khusus untuk menulis jenis tulisan tertentu


Jika kamu sudah paham mengenai tahap umum di langkah kedua di atas, selanjutnya cermati teknik khusus dalam membuat jenis tulisan tertentu. Terdapat banyak jenis tulisan seperti tulisan artikel, cerita, berita dan lain-lain. Khusus untuk tulisan artikel, ada yang berbentuk artikel deskripsi yang berisi gambaran dan fakta mengenai suatu hal, artikel narasi yang berisi cerita, artikel eksposisi yang berisi uraian suatu topik, artikel argumentasi yang berisi kritik terhadap suatu pendapat, artikel persuasi yang berisi motivasi dan ajakan, dan artikel SEO berisi artikel yang mudah dilacak dan untuk memaksimalkan pencarian kata kunci di mesin pencari seperti google.

4.     Selanjutnya, perhatikan unsur pendukung dalam sebuah tulisan seperti foto dan referensi atau sumber yang menginspirasimu.


Lengkapilah tulisanmu dengan unsur pendukung yang akan memberikan nilai lebih pada tulisanmu seperti foto dan sumber referensi. Dengan menambahkan foto pada tulisanmu, para pembaca akan lebih mudah untuk menangkap dan memahami maksud yang terkandung dalam tulisan. Selain foto, menambahkan sumber referensi berupa alamat url  dan website yang telah memberikanmu ide untuk menulis akan menghindarkanmu dari kejahatan serius yaitu plagiat. Plagiat adalah meng-copy-paste milik orang lain baik secara utuh maupun berbentuk kalimat tanpa izin atau mencantumkan sumber kemudian mengklaimnya sebagai milik sendiri. Jadi, lebih baik memakai kata-kata sendiri untuk membuat tulisan. selain lebih terhormat, kamu akan secara tidak langsung memperpanjang umurmu dengan proses berpikir.
  
5.     Untuk membuat tulisanmu menarik perhatian dan banyak dilihat orang, kamu harus mengetahui tekniknya


Dalam melakukan sesuatu, pastilah kita memikirkan teknik atau cara yang tepat agar hasil yang didapatkan memuaskan. Sama seperti, cara belajar yang terbaik, cara mengingat pelajaran yang tepat, cara bekerja pas supaya pemasukanpun tetap dan bertambah, dan bahkan cara berbicara yang baik. Dalam menulispun ada teknik tertentu sehingga tulisan kita menjadi menarik dan banyak peminat. Berikut ini adalah teknik-teknik supaya tulisan kita laris manis dan disenangi banyak orang:
1.      Tulislah hal-hal yang bersifat paling atau memiliki unsur “ter-“ seperti program TV trans7 on the spot atau global TV hot spot.
2.      Ciptakan tulisan yang inspiratif dan motivatif
3.      Patut mencoba membuat dan membahas hal-hal segar, baru, atau hasil karyamu sendiri
4.      Berisi hiburan yang mendidik
5.      Tulislah sesuatu yang mengejutkan
6.      Kalau tulisanmu tentang cerita, buatlah cerita yang bagus seperti akhir yang tidak terduga
7.      Mengandung Hal-hal yang lucu

Sumber referensi:


Artikel terkait:

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments