Senin, 17 Juni 2013

thumbnail

Cara belajar yang efektif dan efisien


Cara belajar yang efektif dan efisien 
Belajar adalah saat dimana pengetahuan yang telah pahami dipraktekkan dan belajar tentang hal serta pengetahuan baru kemudian mengembangkannya. Seseorang dikatakan sudah benar benar belajar jika dapat mempraktekkan hal yang dipelajari dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Belajar tidak hanya duduk dan mendengarkan guru di sekolah, tetapi belajar juga dapat dilakukan dimana saja, baik dari lingkungan sekitar maupun sesama teman dekat, keluarga ataupun masyarakat. Belajar juga dinyatakan sebagai proses meniru. Meniru untuk sulit ditiru.
Dalam proses belajar, seseorang akan mencoba untuk menghafal dan memahaminya. Belajar melibatkan berbagai aspek kemampuan dasar seperti membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Dalam penggabungan keempat aspek skill ini, hal penting yang dibutuhkan adalah penghafalan dan juga pemahaman. Menghafal atau bisa disebut juga proses “menyimpan” ilmu kedalam otak ini merupakan kegiatan yang dianggap penting. Mengetahui cara yang baik dan efektif untuk menghafal dan mendapatkan pemahaman yang maksimal merupakan suatu keperluan. Terkadang, seseorang melakukan kegiatan menghafal ini tidak menggunakan cara yang kurang efektif, sehingga kemampuan menghafalnya hanya bertahan beberapa saat saja. Kegiatan menghafal yang baik dapat dilakukan slaha satunya dengan cara pengulangan.
Pengulangan adalah cara terbaik agar informasi tersebut benar-benar melekat dalam benak (ingatan) untuk jangka panjang. Tony Buzan diambil dari (Leman, 2008:169) merumuskannya sebagai berikut:
Pengulangan ke-1: tepat setelah anda pertama kali mempelajari
Pengulangan ke-2: satu hari setelah anda pertama kali mempelajarinya
Pengulangan ke-3: satu minggu setelah anda pertama kali mempelajarinya
Pengulangan ke-4: satu bulan setelah anda pertama kali mempelajarinya
Pengulangan ke-5: tiga sampai enam bulan setelah pertama kali mempelajarinya

Ke-5 cara untuk belajar tersebut diharapkan dapat membantu pemahaman pembelajar dalam memahami suatu pelajaran yang dipelajari. Suatu keberhasilan akan tercapai jika diimbangi dengan kerutinan, kerja keras, dan berdisiplin sebab keberhasilan atau kesusksesan itu tidak akan terlalu jauh dari orang yang bersemangat adan optimis untuk meraihnya.

Daftar pustaka
Leman. 2008. The Best of Chinese Wisdoms. Gramedia Pustaka utama: Jakarta

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments